Senin, 21 Maret 2011

(فائدة)

بسم الله الرحمن الرحيم
(فائدة)
الفاعل من قام به الفعل ولا يكون إلّا مرفوعا نحو قام زيدٌ
Fa’il (Subyek) ialah orang yang melakukan perbuatan. Hukumnya dibaca rafa’ Contoh: قام زيدٌ(Zaed berdiri).
والمفعول من وقع عليه الفعل ولا يكون إلّا منصوبا ضربت زيدا
Maf’ul (obyek) Ialah yang dikenai perbuatan. Hukumnya harus dibaca nashab contoh: ضربت زيداً (Saya memukul Zaed).
ونائب الفاعل هو المفعول الذي أقيم مقام الفاعل بعد حذفه ولا يكون إلّا مرفوعا نحو ضرب زيد ويضرب عمرو
Na’ibul fa’il Ialah maf’ul yang diposisikan dalam posisi Fa’il setelah terjadi pembuangan Fa’il. Hukumnya harus dibaca Rofa’ contoh:ضُرِبَ زيدٌ (Zaed telah dipukul)ويُضْرَبُ عمْرٌو (Zaed sedang dipukul).
والمضاف والمضاف إليه كل اسمين بينهما نسبة جزئية نحو غلام زيد. الغلام منسوب لزيد فيسمى الأوّل مضافا والثاني مضافا إليه والمضاف يكون إعرابه بحسب العوامل التي قبله والمضاف إليه لا يكون إلّا مجرورا
Susunan Mudlof Mudlof ilaih atau disebut dengan Tarkib Idlofi ialah dua isim yang dirangkai menjadi satu yang antara kedua isim tersebut terdapat nisbat / status hubungan contoh: غلام زيد (pembatu Zaed); antara غلام dan زيد ada hubungan status kepunyaan, yakni غلام kepunyaan زيد . lafadz غلام disebut Mudlof dan lafadz زيد disebut Mudlof ilaih. Hukumnya: Mudlof harus dibaca sesuai tuntutan Amil dan Mudlof ilaih harus dibaca jarr.

وظرف الزمان هو اسم الزمان الذي يقع فيه الحدث نحو صمت يوم الخميس. وظرف المكان هو اسم المكان الذي يقع فيه الحدث نحو جلست أمام الشيخ. وكل من ظرف الزمان والمكان لا يكون إلّا منصوبا.
Dzorof zaman (keterangan waktu) ialah isim yang menunjukkan arti waktu terjadinya perbuatan/kejadian contoh: صمتُ يومَ الخميس (Saya puasa pada hari kamis). Dlorof makan (Ket.tempat) ialah isim yang menunjukkan arti tempat terjadinya perbuatan/kejadian contoh: جلستُ أمامَ الشيخِ (Saya duduk di depan seorang guru besar). Hukum keduanya harus dibaca nashab.
والحال هو الإسم الذي يبيّن هيئة الذّات وقت الفعل نحو جاء زيد راكبا ولا يكون إلّا منصوبا
Hal ialah isim yang memberi penjelasan keadaan orang yang bersangkutan ketika terjadinya perbuatan contoh: جاء زيد راكباً (Zaed datang dengan berkendara). Hukumnya harus dibaca nashob.
والتمييز هو الإسم المبيّن ما انبهم من الذّوات نحو عندي رطل زيتا ولا يكون إلّا منصوبا
Tamyiz ialah isim yang sebagai penjelas perkara bendawi yang masih samar contoh: عندي رطل زيتاً (Aku punya satu rithl minyak zyt ). Hukumnya haras dibaca nashob.
والمفعول لأجله هو الإسم الذي فعل الفعل لأجله ولا يكون إلّا منصوبا نحو قمت إجلالا لزيد
Maf’ul li ajlih ialah isim yang memberi penjelasan tentang alasan mengapa suatu aksi diperankan. Hukumnya harus dibaca nashob contoh: قمت إجلالاً لزيد (Saya berdiri karena untuk memuliakan Si Zaed).
والمفعول معه هو الإسم المقترن بواو المعيّة وفعل الفعل معه نحو جاء الأمير والجيشَ أي مع الجيش ولا يكون إلّا منصوبا.والله أعلم.
Maf’ul ma’ah ialah isim yang bersama (berposisi setelah) wawu ma’iyah (wawu yang memberi arti kebersamaan) contoh: جاء الأمير والجيشَ (Presiden datang bersama TNI). Hukumnya harus dibaca nashob. Wallohu A’lam.
والمثنّى ما دلّ على اثنين بزيادة ألف ونون رفعا وياءٍ ونونٍ نصبا وجرّا نحو جاء الزيدان ورأيت الزيدين ومررت بالزيدين
Al mutsanna/isim tatsniyah ialah isim yang memberi arti berjumlah dua dengan ditambah alif dan nun dalam kondisi rafa’ seperti : جاء الزيدان (dua orang bernama zaed telah datang) dan ditambah ya’ dan nun dalam kondsi nashob dan jarr seperti: رأيت الزيدين (Saya melihat dua orang bernama Zaed) ومررت بالزيدين (Saya berpapasan dengan dua orang bernama Zaed).
وجمع المذكر السالم ما دلّ على جمع بواو ونون في أخره في حالة الرفع وياء ونون في حالتي النصب والجرّ نحو جاء الزيدون ورأيت الزيدين ومررت بالزيدين
Jam’ulmudzakkarissalim ialah isim yang menunjukkan arti berjumlah banyak (lebih dari dua) dengan tambahan wawu dan nun di akhir dalam kondisi rafa’ seperti: جاء الزيدون (beberapa orang bernama Zaed telah datang) dan dengan tambahan ya’ dan nun dalam keadaan nashob dan jarr seperti: رأيت الزيدين (Saya melihat beberapa orang bernama Zaed ومررت بالزيدين(Saya berpapasan dengan beberapa orang bernama Zaed).
والفرق بين المثنّى والجمع في حالتي النصب والجرّ أنّ ياء المثنّى مفتوح ماقبلها مكسور ما قبلها وياء الجمع مكسور ما قبلها مفتوح ما بعدها.
Sedangkan perbedaan antara isim tasniyah dengan jama’mudzakkar salim dalam kondisi nashob dan jarr ialah sebagai berikut:
o Isim tasniyah: huruf sebelum ya’ dibaca fathah dan huruf setelah ya’ dibaca kasroh.
o Jama’mudzakkarsalim: kebalikan isim tasniyah.
والمعرب ما تغيّر أخره بسبب اختلاف العوامل نحو زيد ورجل
Mu’rob ialah kalimah akhirannya bisa berubah-ubah lantaran perbedaan amil yang masuk contoh: زيد ورجل
والمبني ما لزم حالة واحدة كأين وأمس وحيث وكم. والله سبحانه وتعالى أعلم.
Mabniy ialah kalimah yang selalu dalam satu kondisi (selalu begitu/tidak bisa berubah) contoh: أين ,أمس ,حيث ,danكم.
والحمد لله ربّ العالمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar